Kamis, 08 November 2012

Best Daddy Ever


#Mara
Pagi-pagi di hari minggu yang tenang dan cantik ini smart phone gue berisik banget. Gue pikir penting, taunya milis keluarga gue. And yeah they’re talking about another family gathering invitation. Kali ini gathering di rumahnya Tante Giandri yang baru aja balik dari USA. Dan sumpah ya gue maleeeeees banget dateng. Tapi, udah dua kali pertemuan gue enggak dateng. Kalau sekali lagi enggak dateng, mama pasti bakalan ngomel enggak berhenti-berhenti, Mbak Millanis bakalan tambah sewot, dan si kunyuk Aldi abang gue tercintah itu bakalan enggak berhenti ngomongin yang enggak-enggak tentang di gue di hadapan keluarga besar gue.
Tapi kalau pun gue dateng, gue juga bakalan cuma jadi bahan biar mereka berdua keliatan paling bagus aja, sih. Secara kakak gue yang cantik—tapi galak—itu alumni Kedokteran Gigi UI dengan predikat cum laude dan sekarang udah jadi salah satu dokter gigi paling terkenal di Indonesia. Si Aldi juga alumni UI yang notabene-nya walau pun bukan terpintar tapi aktif banget di BEM dan dapet beasiswa pula.
Lah gue?
Cuma lulusan D3 manajemen dan sekarang jadi tukang kopi—julukan dari Aldi.
Oh-so-please. Gue bukan tukang kopi, tolong digarisbawahi, gue adalah co-owner ter-hot  café hip di Jakarta. Répéte Café. Enak aja tukang kopi, emang gampang apa ngebangun semua itu sampai bisa berjalan lancar kayak gini? Aldi must try!
Harusnya acara ngumpul keluarga itu jadi acara paling seru. Dimana gue bisa kangen-kangenan sama Eyang dan juga para tante om yang royal-royal itu. Bukannya jadi bahan pembanding diantara kedua kakak gue.  Gerah tau. Enggak ada seorang pun yang suka jadi si nomer dua. Apalagi dibandingin sama orang sedarah.
“Anaknya Leo cuma yang ini aja nih yang paling susah di atur bukannya lanjutin kuliah sampai S1 malah nyusahin diri jadi tukang kopi,” kata Mama di sela gathering bulan lalu.
Emang hina banget ya kalau gue cuma lulusan D3? Gue kan lagi nabung biar bisa bayar kuliah sendiri. Dan beliin mama mobil baru kayak yang selalu mama pengen. Juga ngasih Papa apa pun yang papa mau. Emang sih, gue belum bisa ngasih tiket Haji kayak yang Mbak Milla kasih ke mama dan papa atau dapet beasiswa kayak yang Aldi dapet, tapi kan…gue lagi usaha buat bikin mereka—khususnya papa—bangga dengan cara gue sendiri.
Dan….TARA!
Dua jam setelah gue nerima milis itu, akhirnya gue sampai di rumah Tante Giandri. Kalau bukan karena Papa yang minta sih, gue ogah banget. Udah keliatan banget gelagat dari Aldi dan Kak Milanis pada bahagia banget mukanya. Tinggal tunggu aja tanggal mainnya mereka ngejatuhin gue. Sekarang lagi pada sibuk nanya tentang kegiatan Tante Giandri di USA.
Daripada bete, gue mending duduk di sofa pojok. Sambil minum koktail dan chatting sama Augie juga Fey dan Thyra yang lagi heboh di café. Nanti malem bakalan ada nonton bareng, jadinya yang diurusin banyak banget deh. By the way, Tischa belum ada kabarnya loh dari tiga hari yang lalu. Entah kemana perginya sahabat gue yang paling sabar itu. Ibu bahkan enggak tahu Tischa kemana, yang Ibu tahu Tischa ada urusan café dan harus keluar kota beberapa hari. Sebenarnya kami bertiga tahu alasan kenapa Tischa menghilang. Pandji dan mulut bodohnya yang bilang kalau Natasha dan dia bakalan keliling Eropa akhir bulan ini. Sinting.
 Jadi, daripada Ibu makin panik karena ternyata ketiga sahabat anaknya enggak tahu anak kesayangannya kemana, gue dan yang lain memutuskan untuk bilang ke Ibu kalau Tischa lagi observasi tempat di Bali. Ibu percaya. Case closed.
Well, balik lagi ke gue. Ke acara keluarga gue yang super penting ini.
Tadi gue tuh udah hampir jalan ke café dengan PCX kesayangan gue tapi Papa nahan gue. Bilang kalau hari ini gue harus ada di sana, soalnya Papa kangen. Maklum beliau baru balik dari Pontianak. Dan kalau Papa udah bilang begitu, gue enggak bisa ngomong apa-apa lagi. Secara beliau yang udah nafkahin gue sampai saat ini. Beliau juga yang paling ngertiin kemauan gue. Beliau juga yang selalu ada buat gue.
Yah, intinya gue bete sekarang soalnya Papa Leo yang ganteng itu bukannya ngobrol sama gue—katanya kangen?—malah ikutan ngomong apaan tau sama Tante Giandri, mama, dan para orang tua lainnya. Dan sepupu serta kakak gue yang dibanggain banget. HA!
“Alhamdulillah banget loh, Ndri, si Aldi udah ditawarin juga buat kerja di USA dari kampusnya. Kalau udah lulus tinggal berangkat aja ke sana,” cerita mama. Bangga.
Gue juga bangga. Sumpah. Tapi, lirikan mama ke gue  itu…nyakitin. Nyakitin banget ampe ubun-ubun. Kadang gue mikir, seandainya aja kapasitas otak gue sama kayak kedua kakak gue mungkin gue enggak akan gerah begini. Mungkin gue dan kakak gue bisa akur. Dan mungkin, gue bisa denger mama ngebanggain gue di depan orang-orang khususnya keluarga besar Soedibyo.
Itu adalah impian yang gue harap bisa jadi kenyataan. Muluk banget haha. Sampai kapan pun juga gue bakalan tetap kurang dimata mama.
“Wah, keren banget ya kamu, Al,” kata Om Hans, “Kamu gimana, Mar? Om denger sekarang lagi sibuk ngurusin café ya?” Om Hans beralih kepadaku.
“Eh..iya, Om,” jawabku kikuk.
“Yang namanya Répéte itu ya, Mar? Lancar?” Tanya Om Rio.
Baru saja ingin menjawab, kemudian papa berdiri di belakangku dan menepuk pundakku, “Iya dong, Yo. Anakku yang satu ini beda. Dia paling tangguh. Walau pun banyak chaos di awal, tapi dia dan ketiga sahabatnya bisa menyelesaikan itu semua.”
Papa…
Aku menolehkan kepalaku ke arahnya dan tersenyum.
Semua orang di sana mengangguk-angguk.
“Kalau repot begitu mending jadi pegawai aja. Anak perempuan mah enggak usah ribet-ribet,” tambah Tante Evi.
“Mana bisa dia kerja begitu, Tante,” ejek Aldi.
“Ya jelas enggak bisa. Soalnya anakku yang ini enggak sudi jadi kacung pemimpin-pemimpin ambrol. Anakku yang ini enggak bakalan bisa dibodohi sama orang barat yang minta tenaga kita untuk ujung-ujungnya jadi alat menjajah kita lagi. Ya kan, Sayang?” jelas Papa.
Gue mengangguk mantap sambil menyentuh tangan Papa yang ada di  bahu gue. Kemudian  gue lihat ke arah mama dan kedua kakak gue. Hahaha, priceless!
Seketika gue sadar. Gue enggak seharusnya pusingin hal yang diomongin sama orang yang enggak peduli sama gue. Gue harusnya berusaha yang terbaik dan buktiin ke orang-orang yang peduli sama gue kalau gue bisa sukses dengan cara gue.
Dan buat gue…mendengar Papa sebangga itu akan gue sudah membuat semua mimpi-mimpi itu jadi nyata. Kebayar banget semua usaha gue selama ini. Thanks, Pa. You’re the best Daddy ever. I love you.
***
PS : Project Imagination #8 dari tema “My Imagination Come True”
Cerita sebelumnya tentang Fey, Mara, Thyra, dan Tischa bisa di lihat di label Repete atau label dengan nama mereka masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar