Sabtu, 21 April 2012

Susah Banget?

#Mara 

Hasyaaaah! Ada aja sih yang kelupaan kalo lagi buru-buru begini! Ini bukan waktu yang tepat buat puter balik ke toko perlengkapan out door untuk beli kaos flamingo titipan Augie. Soalnya si Tischa lagi kacau berat, dari kemarin bahasannya nggak ganti-ganti : pengen move on tapi masih kangen Pandji. Gue khawatir tuh anak bakalan ngelakuin hal aneh. Walaupun presentasenya kecil sih, cewek kayak Tischa ngelakuin hal aneh. Tapi gue tetep khawatir. Dia kan juga cewek biasa. Camkan baik-baik nih, cewek biasa kalo lagi patah hati apa juga di bilang bener.

Sampai di toko, gue pilih dengan buru-buru kaos buat Augie. Iseng, gue ambil yang ada gambar orang utannya soalnya mirip Augie yang suka gelantungan di Wall. Hehehe. Si Mas penjaga toko sampai ngeliatin gue dengan tatapan aneh gara-gara gue senyam-senyum pas milih baju ini. What-so-eveeeerrr! Mau di bilang apa juga terserah deh yang penting gue sampai ke Kedai Kopi tempat kami bertiga biasa ngumpul dengan selamat dan cepat.

 Bip! Ada BBM.

Gue cek buru-buru takut penting..eh nggak taunya itu dari...Mario yang isinya bilang dia kangen.

Ugh! Bikin lemes.

Gue sama Mario lagi dalam tahap...memperbaiki diri masing-masing dengan memberi jarak. Cailah..bahasa gue. Sebenernya itu bisa-bisaan gue aja sih biar gue bebas sebentar aja. Soalnya baru sama Mario ini gue pacaran paling lama. Kami berdua udah jalan enam bulan dan buat gue, Maharani Nilam Soedibyo, itu suatu keajaiban dunia. Orang-orang di sekitar gue malah jadiin 'Berapa Lama Mara Jadian?' sebagai bahan taruhan. Gila emang tuh anak-anak!

Sekilas gue nengok ke kaca toko dan baru sadar kalo kerudung gue miring. Beuh, pantesan tuh mas mas ngeliatin gue aneh banget. Udah ketawa sendiri pake kerudung miring pula. Gue taro BB di kantong dan segera benerin kerudung terus langsung berangkat lagi.

Balik lagi ke Mario, sebenernya nggak ada yang salah sama hubungan ini. Dia juga baik dan lurus-lurus aja. Yang salah itu gue. Gue nggak suka lurus-lurus aja. Atau mungkin ini karena Augie dan badan kerennya serta wanginya yang khas itu? Hmmfff. No. Jangan sampe karena Augie! Jangan Maraaaa! 
Lo-udah-janji-untuk-menjaga-itu-tetap-casual.

 ...

But he's so tempting and undeniable.

 ... 

Apalagi waktu dia abis manjat dan keringetan. Apalagi waktu gue sama dia pertama kali...you-know-what. Dia...ah! Cukup cukup, jangan mikirin itu waktu bawa motor, Maraaaaaaa!

....

Damn.

....
I'm in missery.
Menit-menit selanjutnya gue coba fokus ke jalan sambil mikirin Mario. Nyoba biar perasaan gue ke dia tetep sama pas awal jadian. Gini-gini gue kan juga mau settled-down. Gue kan juga capek harus naik turun masalah hati. Ya emang sih gue jahat sama Mario. Gue bisa di bilang selingkuh. And the worst part is...I'm having a fair with my bestfriend.

Oke oke. Call me idiot or whatever. Tapi gue nggak murni selingkuh. Gue sama Augie cuma sebatas...apa sebutan kerennya? Friends with benefit, yeah, something like that.

Tapi...gue kan nggak tau kalo Mario di belakang gue sebenernya juga begitu. I mean, ngelakuin sama apa yang kayak gue lakuin ini. Iya kan? Please, iya-in aja pendapat gue. Karena pasal nomer satu itu, Maharani Nilam Soedibyo selalu benar. Pasal nomer dua, kalau Maharani Nilam Soedibyo salah kembali ke pasal satu.

 Iya, gue egois. Gue tau. Dan inilah gue. Problem? Get a life!

That's the only way to let the world know I am strong and they can not control me.

Well, akhirnya gue sampai setelah ngebut dan salip sana sini. Augie udah ada di samping Tischa sambil makan siang. Si Tischa juga lagi makan, bedanya nih anak malah ngeliatin makanannya doang. Nggak barbar kayak cowok di sebelahnya.

"Eh, Maya. Rida nama rida nama?", sambut Augie sok imut.

"Hah?", cuma itu respon gue. Karena jujur aja gue nggak ngerti si Augie ngomong apaan.

 "Ih, Maya. Rida mana?", ulang Augie. 

"Rida siapa sih? Emang kita ada janji sama Rida?", tanya gue polos.

Augie mesem. Dia makin semangat nanyain si Rida. Rida siapa sih? Atau apaan sih Rida itu? Dan gue masih ngeliatin Augie dengan tampang bloon. Mikir.

"Darimana maksudnya, Ra.", bantu Tischa.

Mulut gue membentuk huruf O sebagai balasan kalo gue ngerti. Ini Augie ngomong pake di bolak-balik segala. Emang gue Tarzan cewek yang kayak di TV itu apa.

"Dari rumah, Gie.", jawab gue sambil ngasih dia plastik berisi kaos.

Augie girang setengah mati. Si Tischa masih kayak orang mau mati. Mukanya pucat. Rada ngerasa bersalah udah ngasih tau tentang Pandji. Tapi kalo gue nggak ngasih tau...kayaknya sih bakalan lebih ngerasa bersalah. Masa iya gue tega lihat sahabat gue di bohongin? Tischa tuh berhak dapetin cowok baik-baik yang mau jagain dia, kayak Rifat misalnya. Bukan cowok macam Pandji yang maunya menang sendiri.

"Heh. Makan yang bener!", gue mengibas poni Tischa.

Tischa yang kaget langsung menjauh dan mengerang. Ada luka yang di sembunyiin Tischa di balik poninya. Luka apa? Kenapa?

"Apaan tuh?", tanya Gue dan Augie barengan.

Tischa menjauhkan badannya dari jangkauan gue. Augie berhenti dari makannya dan memperhatikan mimik Tischa yang kesakitan. Mukanya sama paniknya kayak gue. Berarti si Tischa emang nyembunyiin sesuatu dari kami berdua.

"Bukan apa-apa.", jawab Tischa sambil menunduk dan mengunyah makanannya.

Nggak mungkin. Kalo bukan apa-apa, dia nggak akan nutupin itu. Dan cuma satu nama yang terlintas di otak gue.

"Pandji?"

"Bukan.", jawab Tischa.
Augie mendesah. "Lo ketemu dia lagi? Udah gue bilang jangan temuin dia lagi. Masih aja."

Gue duduk di hadapan Tischa.

Menunggu dia jelasin semuanya.

Sampe detail.

Lama banget kita bertiga diam.

"Gue nggak apa-apa kok."

Dan cuma itu yang Tischa omongin.

Geregetan banget deh sama Tischa! 

Jelas-jelas dia kenapa-napa. Jelas-jelas dia nggak beres, hatinya. Jelas-jelas si Pandji sialan itu yang bikin dia begini. Dan yang paling nohok, gue sama Augie nggak bisa bales si Pandji. Macem-macem sama keluarga Yudhohusodo sama aja bunuh diri. Bukan cuma hidup gue sama Augie, tapi Tischa juga dan orang-orang di sekitar kita.

 Ah, keseeeeel!

 "Tischa, emang susah banget ya move on dari SATU cowok doang?", tanya gue dengan penekanan di kata satu.

Augie menoyor kepala gue sambil bangun untuk order makanan buat gue. "Kalo ngomong nggak di ayak!", kata Augie. 

"Ah diem deh! Udah sana orderin makanan. Lapeeer.", tangan gue memukul lengan Augie.

Augie memanyunkan bibirnya dan langsung berjalan menjauh.

Tischa diam.

Gue juga.

Terus diam lama banget. Ini anak emang bener-bener deh!

Harus gimana coba biar nggak begini?

Sampai pas Augie dateng tiba-tiba Tischa bilang...."Mara, emang susah banget ya buat lo stay sama SATU cowok aja?"

JLEB! Pas banget kena di dada gue.

Sekarang yang ngomongnya nggak di ayak siapa?

Augie sempet diam tapi terus dia ketawa ngakak sambil nunjuk-nunjuk ke muka gue. Bete. Orang pengen nyadarin Tischa malah di serang balik.

"Augie ah, diem nggak! Lo juga sama aja!", bentak gue.

"Sama apaan sih?", tanya Augie bingung.

Tischa masih aja lempeng mukanya. Tapi tadi sempet nyengir dikit sih waktu ngomong kalimat nyelekit itu ke gue. Mungkin dia nyindir hubungan gue sama Augie. Ya dia kan tau kami berdua udah sejauh mana.

"Sama aja, emang susah banget ya dapetin SATU cewek aja buat di pacarin?", lanjut gue.

Kemudian hening.

Lumayan lama.

Kami bertiga saling pandang.

Awkward moment.

 "HUAHAHAHA.", Tischa yang pertama kali ketawa. Mau nggak mau gue juga ketawa gara-gara liat tampang Augie yang melas. Augie langsung pasang muka bete.

"Puas lo ya berdua? Puas?! Dzolimin aja gue! Dzolimin! Semua cewek itu sama aja!", kata Augie drama abis.

Omongan Augie yang lebay banget pake gaya ibu-ibu abis di selingkuhin gitu, bikin gue sama Tischa makin nggak bisa berhenti ketawa. Akhirnya, si muka datar, Tischa, hari ini bisa punya emosi juga. Ya walau pun agak nyelekit tadi. Kalo di pikir-pikir bener juga. Kami bertiga kasian banget. Yang satu nggak bisa move on, satunya nggak bisa stay sama satu orang eh...satunya lagi dapetin satu cewek aja susah banget. Hahaha.


But the true bestfriend always make the worst fact turn to the funniest fact. And I'm so glad that I found ourselves like this. Laughing even deep in our heart crying. 

Dari awal gue kenal dua orang ini, gue tau gue bisa ngandelin mereka pas gue butuh sesuatu dan mereka nggak akan pernah nolak juga kalo gue ajak seneng-seneng. Intinya, gue sayang sama mereka. Em..buat Augie...nggak ngerti deh. Semoga perasaan gue tetep di jalur yang bener. Tapi sumpah demi apa pun, kata-kata Tischa, "Mara, emang susah banget ya buat lo stay sama SATU cowok aja?" bener-bener nggak bisa ilang dan ngebuat gue tiba-tiba...jadi kangen banget sama Mario.

*Bersambung*

2 komentar: